Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 12 September 2024

Jelang Pilkada Serentak, Pangkoarmada II Ingatkan Netralitas Prajurit


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo mengingatkan para prajurit untuk menjaga netralitas dan tidak terlibat politik praktis.

"Saya mengingatkan kepada segenap prajurit TNI AL untuk menjaga komitmen netralitas. Diantaranya TNI tidak berpolitik praktis. Netralitas TNI ini juga merupakan wujud nyata bahwa TNI tidak ingin dan tidak boleh kembali ke panggung politik praktis," tutur Ariantyo Condrowibowo, usai upacara peringatan HUT ke-79 di Dermaga Ujung Koarmada II, Surabaya, Selasa (10/9/2024).

Dikesempatan itu, dia juga berterima kasih ke prajurit yang berjuang menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesoia (NKRI). 

Kedepan dia berharap, TNI AL mampu berkembang dengan lingkungan yang strategis dan dinamis.

"Saya ucapkan Dirgahayu ke-79 TNI AL bagi seluruh prajurit dimanapun bertugas dan berada. Lakukan terobosan yang inovatif dan kreatif sesuai marwah TNI AL dengan berwawasan internasional," katanya.

Dalam peringatan HUT Ke-79 TNI AL tahun ini ada 1.800 prajurit yang terlibat. Tema yang diusung adalah "Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju". 

Selain upacara militer, ada penyematan penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV tahun oleh Pangkoarmada II.

Dilanjutkan pertunjukan yang ditampilkan oleh para prajurit. Antara lain demonstrasi Paduan Suara, Display Genderang Suling Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut, Bela Diri Taktis, dan ditutup dengan Defile Pasukan. 

"Ini adalah acara puncak yaitu upacara militer, upacara puncaknya ada di perairan teluk Jakarta di atas KRI. Namun kami di tiap daerah dan pangkalan tetap melaksanakan upacara di wilayah masing-masing," terang Ariantyo.

Sebelumnya, berbagai rangkaian kegiatan HUT ke-79 TNI AL 2024 telah dilaksanakan. Di antaranya bakti sosial, ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional 10 November, Naval Base Open Day, dan Pemecahan Rekor Muri Makan Bergizi.

0 komentar:

Posting Komentar