Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 17 September 2024

Jubir Akui Kaesang Naik Jet Pribadi ke AS, Nebeng Teman


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Juru bicara Kaesang Pangarep, Francine Widjojo, mengakui bahwa Kaesang dan Erina Gudono naik jet pribadi dalam perjalanan ke Amerika Serikat (AS).

Francine menyebut awalnya Kaesang berencana berangkat ke AS pada 20 Agustus dengan pesawat komersial. 

Namun, Kaesang dan Erina bertolak ke AS pada 18 Agustus menumpang jet pribadi temannya.

"Sebenarnya waktu itu Mas Kaesang itu sudah rencana berangkat ke Amerika di sekitar tanggal 20 Agustus, rencana pakai pesawat komersial," kata Francine di Gedung Lama KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/9).

"Kebetulan ada temannya yang juga berangkatnya searah di tanggal 18 Agustus. Makanya bareng lah, nebeng," imbuhnya.

Namun, Francine enggan membeberkan siapa nama teman Kaesang itu. Ia juga tidak mengungkap lebih jauh apakah putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu yang meminta fasilitas jet pribadi atau ditawari.

"Tadi sudah disampaikan ke KPK, nanti bisa dikonfirmasi saja ke sana," ujarnya.

Lebih lanjut, Francine mengatakan kedatangan Kaesang ke Gedung KPK kali ini untuk berkonsultasi terkait dugaan gratifikasi jet pribadi yang dialamatkan ke Kaesang.

Ia menegaskan kedatangan Kaesang bukan atas paksaan atau panggilan dari lembaga antirasuah itu. 

Kaesang, kata dia, datang atas inisiatif pribadi kendati bukan seorang penyelenggara negara atau pejabat sebagaimana aturan Pasal 12B ayat (1) UU No 31 tahun 1999 jo UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Tipikor.

"Walaupun sebenarnya mas Kaesang ya kalau menurut kami ya, ini tidak ada kewajiban untuk melaporkan dugaan gratifikasi, karena Mas Kaesang juga bukan penyelenggara negara, bukan pejabat negara," ujarnya.

Kaesang terseret kasus dugaan gratifikasi lewat fasilitas jet pribadi. Dugaan gratifikasi itu mulanya terungkap dari unggahan Erina di akun Instagram @erinagudono.

Erina membagikan foto perjalanannya ke AS dan gaya hidup mewahnya saat tiba di sana. 

Pesawat yang digunakan Erina dan Kaesang diduga merupakan jet pribadi karena memiliki bentuk jendela pesawat yang berbeda dari biasanya.

Sejumlah pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura.

0 komentar:

Posting Komentar