Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 12 September 2024

Ketua KPK Pastikan Panggil Kaesang-Bobby Klarifikasi soal Jet Pribadi


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango memastikan bakal mengundang putra bungsu dan menantu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep dan Bobby Nasution untuk klarifikasi penerimaan fasilitas jet pribadi.

"Iya pasti, cuma apakah harus dipanggil duluan atau belakangan itu bisa dilihat nanti," ujar Nawawi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (11/9).

Nawawi menyerahkan sepenuhnya kepada tim dari Direktorat Penerimaan Layanan dan Pengaduan Masyarakat (PLPM) untuk memproses laporan dari masyarakat mengenai dugaan gratifikasi keduanya itu.

"Sampai saat ini masih terus dilakukan penelaahan," ucap pimpinan KPK berlatar belakang hakim tindak pidana korupsi (tipikor) ini.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto memastikan tak ada intervensi terhadap KPK dalam menangani laporan tersebut.

"Sama sekali tidak ada tekanan. Bahwa KPK berharap saudara K (Kaesang) ini melakukan klarifikasi sendiri itu dari awal sudah disampaikan oleh pimpinan atau pak AM (Alexander Marwata), sebenarnya juga agar isu ini tidak melebar ke mana-mana," kata Tessa beberapa waktu lalu.

Penanganan laporan yang melibatkan Kaesang dan Bobby telah dilimpahkan KPK dari Direktorat Gratifikasi ke Direktorat PLPM. 

Alasannya, sudah ada pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat yang diterima oleh KPK.

Bobby dan Kaesang sama-sama dituding menerima fasilitas jet pribadi yang bisa mengarah pada penerimaan gratifikasi. Kaesang naik jet pribadi saat pergi ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu. 

Sementara Bobby diketahui menggunakan jet pribadi melalui foto yang tersebar di media sosial.

Kaesang belum bicara soal ini. Sementara Bobby malah mempertanyakan siapa pemilik pesawat jet itu. 

Yang punya pesawat nya siapa? emang ada pengusaha Medan? Kalau dikaitkan dengan jabatan saya sebagai Wali Kota Medan," imbuhnya.

Terkait Kaesang, Ketua Umum Relawan Jokowi Mania Immanuel Ebenezer (Noel) mendapatkan informasi bahwa putra bungsu Jokowi itu berangkat ke Amerika Serikat nebeng jet pribadi milik temannya yang merupakan anak seorang pengusaha.

"Bukan menyewa. Enggak ada. Info yang saya dapat pemilik private jet itu kawannya Kaesang. Dan Mas Kaesang diajak ke Amerika," kata Noel, Senin (9/9) malam.

"Sepertinya yang saya dapat info, perusahaan itu ownernya itu dia punya anak, nah anaknya itu temennya Mas Kaesang," tambahnya.

0 komentar:

Posting Komentar