Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 23 September 2024

Musim Kemarau, PDAM Surya Sembada Surabaya Pastikan Distribusi Air Tetap Lancar


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Pada musim kemarau saat ini, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya memastikan pasokan distribusi air ke warga Kota Surabaya masih berjalan lancar.

“Alhamdulillah kalau secara kapasitas (produksi) Insha Allah masih cukup, air baku masih aman utk memproduksi 10.500 liter per detik air untuk memenuhi kebutuhan air warga kota Surabaya,' kata Direktur Operasi PDAM Surya Sembada, Nanang Widyatmoko, Senin (23/9).

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia terjadi pada bulan Juli hingga September 2024 dan baru akan hujan pada Nopember 2024.

"Meskipun masih mencukupi, tapi memang debit air baku sudah menurun. Penurunan ini menyebabkan penurunan kualitas air baku dimana kami harus memakai bahan kimia lebih banyak, menggunakan listrik yang lebih besar, dan mengeluarkan biaya operasional lain yang lebih tinggi. Sampai Nopember nanti, segala upaya akan kami lakukan agar air produksi kami tetap memenuhi standar Permenkes no 2 tahun 2023," jelasnya.

Terkait penyebab air keruh di pelanggan, Nanang menjelaskan bahwa penyebabnya adalah sedimen yang ada di dalam pipa yang terbawa aliran air. 

Penumpukan sedimen biasanya berasal dari air tanah yang masuk ke dalam pipa karena adanya kebocoran.

“Kalau air di rumah keruh, silahkan menginfokan kepada kami melalui aplikasi CIS PDAM Surabaya atau kanal aduan lainnya. Kami akan segera menindaklanjutinya dengan pembersihan pipa (flushing) agar pipa kembali bersih dan bisa mengalirkan air yang bersih,” pungkas Nanang Widyatmoko.

0 komentar:

Posting Komentar