Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 11 September 2024

Pimpinan Sementara Optimis Akhir September Terbentuk Pimpinan DPRD Surabaya Definitive


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Empat partai pemenang Pemilu 2024 di Surabaya belum menjawab secara keseluruhan surat dari  pimpinan (sementara) DPRD kota Surabaya untuk mengisi kursi pimpinan secara definitive.

Hal ini seperti yang di sampaikan oleh Bachtiar Rifai, Wakil Ketua DPRD Surabaya sementara dari partai Gerndra. Namun demikian, pihaknya optimis alat kelengkapan DPRD pada unsur pimpinan akan selesai terbentuk akhir September 2024.

Menurut Bachtiar, tidak ada dead line khusus soal ketetapan unsur pimpinan yang di rekomendasi dari empat partai pemenang Pemilu. 

Hanya berdasarkan pengalaman di periode sebelumnya, partai-partai akan menjawab surat pimpinan sementara maksimal satu bulan, sejak prosesi pelantikan 24 Agustus lalu.

“Insyaallah beberapa hari kedepan Gerindra dan Golkar sudah keluar SK Pimpinan definif. Tinggal PDIP kurang paham. Mudah-mudahan minggu ini clear semua pimpinan definitif,” kata Bachtiar, Senin (9/9/2024).

Dengan belum terbentuknya unsur pimpinan DPRD kota Surabaya secara definitive, sambung dia, maka ada konsekuensi yang harus di terima. 

Yakni kegiatan kedewanan tidak bisa berjalan untuk menyusun Alat Kelengkapan Dewan (AKD)

“Kita belum bisa berjalan. Tapi pimpinan partai sudah melihat agenda masing-masing DPRD, karena ada Daerah lain yang harus membahas APBD 2025,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada tanggal 1-4 Oktober nanti, di Lembaga DPRD kota Surabaya akan ada kegiatan orientasi kedewanan yang di selenggarakan oleh Pemprov Jawa Timur. 

“Kita optimis kok akhir September ini, semua terbentuk seperti periode 2019 lalu,” katanya.

Terpisah, Musdik Sekretaris Dewan (Sekwan) mengaku, bahwa surat partai di parlemen yang telah masuk ke Sekwan masih dari Fraksi Demokrat, PPP dan Nasdem.

“Bunyi suratnya soal susunan nama anggota fraksi tersebut. Detailnya bisa tanya langsung ke fraksi masing-masing,” pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar