Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 12 September 2024

Presiden Jokowi Serahkan ke Prabowo soal TNI Angkatan Siber


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons rencana pembentukan angkatan siber di TNI sebagai matra keempat. Jokowi menilai rencana itu baik karena menjadi hal krusial pertahanan negara.

"Saya melihat ada empat negara yang sudah mulai membangun angkatan keempatnya, angkatan sibernya, dan saya rasa nanti semua negara akan menuju kesana," kata Jokowi usai menghadiri acara pengarahan TNI/Polri di Istana Negara, IKN Kalimantan Timur, Kamis (12/9).

Namun, Jokowi tidak membeberkan detail lebih lanjut mengingat dirinya akan purnatugas per 20 Oktober 2024. 

Ia menilai Presiden terpilih Prabowo Subianto yang nantinya akan menindaklanjuti rencana itu.

"Tapi nanti biar pemerintah baru, Pak Presiden Prabowo Subianto yang akan menuju ke sana," ujarnya.

Ide pembentukan angkatan siber sebagai matra keempat pertama kali disampaikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR, Jumat (16/8).

"Sudah saatnya Indonesia segera mempersiapkan pembentukan matra keempat tentara nasional Indonesia dengan menghadirkan angkatan siber," kata Bamsoet.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyebut ke depan satuan siber berkemungkinan akan diisi oleh mayoritas orang sipil berkemampuan teknologi informasi (IT) yang mumpuni.

Agus menyampaikan kini TNI telah memiliki satuan-satuan siber. 

Ia menyebut akan mengoptimalkan satuan yang telah ada. Ia pun mengatakan kini masih terus menimbang-nimbang pembentukan matra khusus siber.

0 komentar:

Posting Komentar