Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 13 September 2024

Presiden Jokowi Tekankan Peran Vital TNI-Polri dalam Menjaga Stabilitas Nasional di Tengah Ketidakpastian Global


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya peran TNI dan Polri dalam menjaga stabilitas nasional guna menjamin keberlanjutan pembangunan di Indonesia.

Hal ini disampaikan dalam pertemuan dengan pejabat TNI dan Polri di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) yang juga diikuti secara daring oleh Sekretariat Presiden di Jakarta.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyoroti ketidakpastian global yang sedang melanda berbagai belahan dunia, dengan banyak negara mengalami krisis ekonomi dan sosial.

“Saudara-saudara bisa buka di Google untuk melihat kondisi di Eropa, Amerika, dan beberapa negara di Afrika. Tidak mudah. Saat ini, 96 negara terpaksa meminta bantuan dari IMF,” ungkap Presiden, Kamis 12 September 2024.

Kepala Negara menyatakan bahwa stabilitas di dalam negeri sangat penting untuk memastikan pertumbuhan dan keberlanjutan pembangunan.

Dia juga mencontohkan negara-negara yang sedang berkonflik, seperti di Timur Tengah, yang kesulitan membangun dan mengembangkan perekonomiannya.

“Tidak mungkin negara yang berkonflik bisa membangun. Coba saja lihat di negara-negara di Timur Tengah, apa bisa membangun? Nggak mungkin,” tegas Presiden.

Presiden Jokowi menekankan bahwa untuk menjaga stabilitas nasional, peran TNI dan Polri yang profesional dan dipercaya masyarakat sangat dibutuhkan.

Dia juga menyoroti berbagai tantangan global yang semakin kompleks, seperti ketegangan geopolitik, perang dagang, dan perlombaan senjata, yang semakin memperburuk ketidakpastian dunia.

“Tantangan-tantangan saat ini sangat kompleks, sulit diselesaikan dalam lingkup global, juga sangat sulit dikalkulasi,” ujar Presiden.

Menurut Presiden, tantangan tersebut membuat perhitungan ekonomi menjadi lebih sulit di masa-masa ini.

“Mau hitung kurs dolar ke rupiah sulit. Mau berhitung harga minyak tahun depan atau tahun ini, sangat sulit kalkulasinya,” ujar Presiden.

Dengan demikian, Presiden Jokowi menggarisbawahi bahwa menjaga stabilitas nasional harus menjadi prioritas utama untuk menghadapi tantangan global dan menjamin keberlanjutan pembangunan di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar