Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 25 September 2024

Sambut HUT Jatim le-79, Pemprov Jatim Gelar Job Fair 2024


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Dalam rangka menyambut Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-79 dan untuk menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar Job Fair 2004 yang dibuka oleh Pj Sekretaris Daerah Prov. Jatim, Bobby Soemiarsono, di Grand City Convex Surabaya, Selasa (24/9/2024).

Pj Sekretaris Daerah Prov. Jatim, Bobby Soemiarsono,yang mewakili Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi tidak dapat dipisahkan dengan kondisi ketenagakerjaan. 

Oleh karena kegiatan Job Fair bagian dari upaya penyerapan tenaga kerja di berbagai sektor guna meningkatkan perekonomian Jatim.

" Pertumbuhan ekonomi serta perkembangan investasi di jawa timur tentunya berdampak langsung terhadap penyediaan lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja di berbagai sektor lapangan usaha. Seiring kondisi perekonomian dan perkembangan investasi yang positif di Jawa Timur, kondisi ketenagakerjaan di Jawa Timur juga makin membaik dan kondusif,"ujarnya.

Ia menjelaskan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Jawa Timur yang di masa pandemi covid-19 sempat meningkat tajam hingga di atas 5 persen, berdasarkan rilis BPS Jawa Timur per pebruari 2024 TPT Jatim sebesar 3,74 persen, turun 0,59 persen poin dibandingkan TPT per pebruari tahun sebelumnya. 

Positifnya kondisi ketenagakerjaan di Jawa Timur juga nampak dari naiknya Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK), yaitu penduduk usia kerja yang aktif dalam kegiatan ekonomi. di tahun 2024 TPAK Jawa Timur sebesar 73,02 persen, naik 1,52 persen poin dibanding tahun lalu.

"Memasuki era revolusi industri 5.0 kita semua dituntut selalu berlari cepat melakukan terobosan dan penyesuaian untuk mengoptimalkan peluang-peluang yang muncul di sektor ketenagakerjaan di Jawa Timur. Upaya itu juga perlu didukung dengan penguatan kolaborasi antara pemerintah, swasta, akademisi, media dan masyarakat,"tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Bobby Soemiarsono juga mengapresiasi dan menyambut baik diluncurkannya “Jatim Bissa” atau basis data disabilitas berdaya. 

Jatim Bissa merupakan pengembangan layanan dari Unit Layanan Disabiliutas (ULD) Ketenagakerjaan bagi angkatan kerja penyandang bagi angkatan kerja penyandang disabilitas. 

"Tantangan berikutnya, secara konsisten kita perlu bersama-sama mendorong akses pasar kerja secara inklusif, dengan memberikan peluang dan kesempatan yang sama dan lebih luas kepada angkatan kerja penyandang disabilitas,"ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim Sigit Priyanto menyampaikan, pelaksanaan job fair berlangsung selama 2 hari yakni dari tanggal 24-25 Setember 2024.

Adapun pelaksanaan dilaksanakan secara online dan luring dengan total perusahaan yang berpartisipasi sebanyak 77 perusahaan dan 12 mitra disnaker dengan jumlah pencari kerja sekitar 7.000 orang.

"Job fair ada offline dan virtual. Untuk Job fair offline diikuti 68 peruaahaan, dengan 519 jabatan dan 4.441 loker termasuk 1.230 lowongan luar negeri serta ada 500 lowongan bagi difabel," katanya.

Sementara untuk pelaksanaan job fair virtual akan dilaksanakan pada tanggal 24-27 September 2024. Adapun jumlah perusahaan yang berpartisi adalah sebanyak 9 perusahaan dengan 21 jabatan dan 60 loker. 

0 komentar:

Posting Komentar