Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 09 September 2024

Satgas Siber Polda Kalbar Patroli di Dunia Maya dalam Tahapan Pilkada Kalbar


Pontianak - KABARPROGRESIF.COM Subsatgas Siber Operasi Mantab Praja (OMP) Kapuas Polda Kalimantan Barat tingkatkan Patroli Siber di dunia maya dalam rangka menangkal berita hoaks di masa tahapan Pilkada 2024.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh AKP Sami Waskhita Wiyata, S.Kom selaku Kasubsubsatgas Lidik Siber. Minggu(08/09)

Kabidhumas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya S.IK., M.M saat dikonfirmasi awak media menyampaikan, Patroli Siber ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan tidak ada berita hoaks yang beredar di dunia maya selama proses Pilkada Kalbar berlangsung, sehingga sitkamtibmas tetap kondusif.

“Tim Satgas Gakkum Subsatgas Siber akan melakukan pemantauan terhadap berbagai platform media sosial dan situs web yang berpotensi untuk menyebarkan informasi hoaks, ujaran kebencian, dan konten SARA yang dapat mengganggu kondusifitas dimasarakat yg akhirnya bisa mengganggu jalannya Tahapan Pilkada.” Ujar Kabidhumas.

AKP Sami menjelaskan bahwa Patroli Siber ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama proses Pilkada 2024. 

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial dan tidak menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya,” ujar AKP Sami

Tim Subsatgas Siber juga akan melakukan tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang menyebarkan informasi hoaks, ujaran kebencian, dan konten SARA. 

“Kami tidak akan segan-segan untuk menindak tegas para pelaku yang mencoba mengganggu jalannya Pilkada 2024,” tegas AKP Sami.

Berikut beberapa tips untuk masyarakat dalam menggunakan media sosial selama masa Tahapan Pilkada Berlangsung:

Saring sebelum sharing: Pastikan informasi yang diterima valid dan berasal dari sumber terpercaya.

Jangan mudah percaya dengan berita hoaks: Cek kebenaran informasi sebelum menyebarkannya.

Laporkan konten negatif: Jika menemukan konten hoaks, ujaran kebencian, dan konten SARA, segera laporkan ke pihak berwenang.

Selama dimulainya tahapan Pilkada ini diharapkan masyarakat dapat tidak mudah percaya dengan isu yang beredar didunia maya, Dengan bersama-sama menjaga keamanan dan kondusifitas di dunia maya, kita dapat membantu mewujudkan Pilkada 2024 yang damai dan bermartabat.

0 komentar:

Posting Komentar