Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 07 September 2024

Tinjau Proyek Rumah Pompa PDAM Putat Gede, Wali Kota Eri Pastikan Seluruh Wilayah Teraliri Air di Tahun 2025


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau proyek strategis Rumah Pompa Putat Gede 3 PDAM Kota Surabaya, Jalan Bukit Darmo Golf, Kecamatan Dukuh Pakis, Jumat (6/9). 

Pembangunan rumah pompa di wilayah Surabaya Barat tersebut, adalah wujud komitmen Pemkot Surabaya agar seluruh wilayah teraliri air setiap saat.

Dalam tinjauannya, Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan Rumah Pompa Putat Gede 3 akan mendukung suplai air dari Rumah Pompa Putat Gede 1 dan 2, sebagai distribution center menopang operasi Rumah Pompa Mbah Ratu dan Rumah Pompa Krembangan agar pelayanan merata sampai ke ujung layanan daerah Surabaya Utara.

"Kita sepakat membangun reservior untuk memperlancar aliran air di Surabaya Utara, karena masih ada rumah-rumah yang keluar airnya di jam 1 atau 2 malam saja, pagi tidak keluar. Sehingga, dari sini (Rumah Pompa air Putat) akan di oper ke Rumah Pompa Air Mbah Ratu untuk  memperlancar suplai air di Surabaya Utara," ujar Wali Kota Eri.

Wali Kota Eri berkomitmen warga Surabaya tidak akan mengalami kendala air mengalir diwaktu tertentu di tahun 2025 mendatang. 

Dirinya optimis lantaran pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Minum (IPAM) Karangpilang 4 sebagai tempat pengelolaan baru juga tengah berjalan.

"Sebenarnya bisa selesai tahun ini dengan suplai air Umbulan, tetapi apa yang diminta tidak sanggup dipenuhi. Sehingga untuk memenuhi suplai air harus menyiapkan tempat pengolahan baru di Karangpilang," terang  Wali Kota Eri.

Nantinya, apabila IPAM Karangpilang 4 sudah beroperasi, air yang dikelola akan disalurkan ke Rumah Pompa Putat Gede 3, lalu diteruskan ke Rumah Pompa Mbah Ratu sehingga suplai untuk Surabaya Utara akan tercukupi

"Kalau yang di Karangpilang sudah beroperasi akan masuk (suplai air) akan masuk ke Putat Gede lalu dioper ke Mbah Ratu sehingga permasalahan air di Surabaya akan selesai. Dengan begitu, secara otomatis wilayah Surabaya akan teraliri air secara merata," paparnya.

Selain membangun reservior, untuk mengatasi permasalahan suplai air tidak merata juga rutin dilakukan peremajaan pipa yang berusia lebih dari 50 tahun. 

Sebab, pipa yang sudah lapuk bisa berdampak dalam pendistribusian air PDAM.

Wali Kota Eri menyebut, dalam kurun waktu 2023-2024 di bawah kepemimpinannya sudah ada 215 kilometer pipa lebih yang berhasil dibangun atau diremajakan. 

Angka tersebut melebihi target, sebab biasanya peremajaan pipa hanya dilakukan sebanyak 20 kilometer per tahun.

"Kalau sudah seperti ini, maka tidak ada pilihan. Kita harus mengembalikan pipa atau mengganti pipa, sehingga kami memutuskan untuk membangun," imbuhnya.

Dengan pembangunan proyek stategis yang dilakukan PDAM saat ini, mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu menargerkan PDAM Kota Surabaya bisa melakukan expansi untuk wilayah Surabaya Raya pada tahun 2026 mendatang.

"Dengan suplai air yang lebih ini, kita berharap bisa expansi. Sebenarnya, kita meminta BUMD ini expansi di tahun 2025  nanti, tetapi masih ada titik yang hanya keluar di waktu tertentu seperti daerah utara. Kita minta selesaikan hal itu di tahun 2025 dan 2026 bisa melakukan expansi," jelas Wali Kota Eri.

Menurutnya, apabila expansi berhasil dilakukan oleh PDAM manfaatnya akan dirasakan kembali oleh masyarakat. 

Karena keuntungan expansi suplai air ke wilayah lain akan digunakan untuk mensubsidi masyarakat kurang mampu atau yang rumahnya tidak terlalu besar.

"Dari hasil keuntungan akan dikembalikan lagi ke masyarakat, misalnya rumahnya yang 45 meter sampai 100 meter bisa gratis. Nanti bisa terus naik sesuai keuntungan yang didapatkan. Jadi benar-benar memutar nanti keuntungannya," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar