Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Sabtu, 14 September 2024

Wali Kota Eri beri Penghargaan untuk Kampung Responsif Gender


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memberikan apresiasi kepada kampung yang memiliki responsif gender di tingkat kecamatan se-Kota Surabaya. 

Penganugerahan penghargaan ini berlangsung di Halaman Balai Kota Surabaya, Jumat (13/9) malam.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-P2KB) Kota Surabaya telah menyelenggarakan program inovasi responsif gender.

“Penghargaan ini, kita berikan kepada kampung-kampung yang memiliki rasa bagaimana menjaga wilayahnya masing-masing, terutama dalam melindungi perempuan dan anak,” kata Wali Kota Eri.

Ia membeberkan bahwa Pemkot Surabaya menyiapkan kampung-kampung di Surabaya agar menjadi tempat yang aman bagi perempuan dan anak melalui program inovasi responsif gender.

“Nanti DP3A-PPKB, semua RW yang mendapat penghargaan dari yang dulu sampai sekarang, ajak membuat kegiatan, bantu dengan anggaran pemkot,” bebernya. 

Sehingga, masing-masing RW akan bergerak. Dengan demikian, kampung-kampung di Surabaya akan terus mengembangkan inovasi dan program-program baru yang berorientasi pada kesejahteraan anak.

“Setelah mendapat awarding tadi, DP3A-PPKB akan mengevaluasi apa perubahan yang terjadi di sana. Contoh dulu Balai RW sepi, tapi setelah mendapat awarding banyak anak muda membuat kegiatan,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-P2KB) Kota Surabaya, Ida Widayati mengatakan, kegiatan pemberian apresiasi program inovasi responsif gender di tingkat kecamatan se-Kota Surabaya tahun 2024, merupakan tindak lanjut dari beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan di perkampungan di Kota Pahlawan.  

Di antaranya, Kampung Arek Suroboyo-Ramah Perempuan dan Anak (KAS-RPA) merupakan program pembinaan kepada 786 RW di Kota Surabaya, agar dapat terselenggara kehidupan yang mendukung pendidikan, kesehatan, pengasuhan, keamanan, serta kreativitas-produktivitas masyarakat.

“Terdapat dua kategori dalam KAS-RPA, yakni kategori Pratama dan kategori Madya. Dari kedua kategori tersebut, juga terdapat penghargaan Best of The Best atau Juara Umum,” kata Ida Widayati.

Selanjutnya, Kecamatan Responsif Gender (KRG) merupakan pembinaan kepada 31 kecamatan agar dapat memberikan pelayanan dan pembangunan yang inklusif. 

KRG juga memiliki sinergi dengan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA) yang bertujuan menangani berbagai isu perempuan dan anak, diantaranya keterwakilan perempuan, anti kekerasan, anti pekerja anak, dan anti perkawinan anak.

Dan, Surabaya Gender Award (SGA), yakni bentuk dorongan bagi masyarakat sampai tingkat terbawah untuk dapat belajar bersama terkait konsep kesetaraan dan keadilan gender, anti kekerasan, anti pekerja anak, dan anti perkawinan anak melalui lomba-lomba yang diselenggarakan bagi perwakilan 31 kecamatan.

“Tidak kalah menarik, kita berkolaborasi dengan Asosiasi Dokter Obgyn (POGI) Surabaya untuk melakukan penilaian Kampung Ibu Sejahtera. Serta, Bapemkesra Surabaya melakukan penilaian sinergitas kinerja kecamatan se-Kota Surabaya,” pungkasnya.

Sebagai diketahui, berikut para pemenang program inovasi responsif gender. Kategori Pratama untuk KAS-RPA, Juara 1 Kampung Belajar diraih oleh RW 1 Kelurahan Kandangan, Juara 1 Kampung Sehat diraih oleh RW 2 Kelurahan Sidotopo, Juara 1 Kampung Asuh diraih oleh RW 1 Kelurahan Kandangan, Juara 1 Kampung Aman diraih oleh RW 2 Kelurahan Sidotopo,  dan Juara 1 Kampung Kreatif-Produktif diraih oleh RW 1 Kelurahan Kandangan. Dengan demikian, RW 1 Kelurahan Kandangan, Kecamatan Benowo Surabaya memboyong sejumlah penghargaan dan berhasil menjadi Juara Umum. 

Kategori Madya untuk KAS-RPA, Juara 1 Kampung Belajar dan Kampung Sehat diraih oleh RW 5 Kelurahan Balongsari, Juara 1 Kampung Asuh diraih oleh RW 3 Kelurahan Tambakrejo, Juara 1 Kampung Aman dan Kampung Kreatif-Produktif diraih oleh RW 6 Kelurahan Menur Pumpungan. Dengan demikian, Juara Umum  berhasil disabet oleh  RW 5 Kelurahan Balongsari, Kecamatan Tandes Surabaya.

Penghargaan Kecamatan Responsif Gender Sinergi dengan Kelurahan Ramah Perempuan dan Anak (KRG sinergi dengan KRPPA) Kategori Madya, di antaranya Juara 1 diraih oleh Kecamatan Tandes, Juara Pembina Madya diraih oleh Kecamatan Gayungan, dan Juara Harapan 1 diraih oleh Kecamatan Pakal.

Penghargaan Surabaya Gender Award (SGA), dengan kategori Fragment Suroboyo bertemakan Kesetaraan Gender dan KRPPA, Juara 1 diraih oleh Kecamatan Semampir. Kategori Video Gender Campaign dan Kategori Gender Champion He for She, Juara 1 diraih oleh Kecamatan Gubeng. Kategori Gender Champion Perempuan Siap, Juara 1 diraih oleh Kecamatan Sukomanunggal.

Serta penghargaan Kampung Ibu Sejahtera, Juara 1 diraih oleh Kecamatan Kandangan, Kecamatan Tandes. Dan Evaluasi Sinergitas Kecamatan, Juara 1 diraih oleh Kecamatan Tandes Surabaya.

0 komentar:

Posting Komentar