Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 02 Oktober 2024

Puslitbang Polri Gelar Penelitian Kualitas Sistem Rekrutmen Anggota Polri di Polrestabes Medan


Medan - KABARPROGRESIF.COM Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah lembaga yang keberadaannya langsung dibawah presiden dan bertanggungjawab atas keamanan dalam negeri. 

Dalam mewujudkan keamanan yang kondusif tersebut perlu didukung dan diawaki personel yang handal dan profesional dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian, maka Polri melakukan rekrutmen calon-calon anggota Polri di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia dengan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH) yang mengutamakan bibit unggul dan memiliki kompetensi sebagaimana harapan organisasi, masyarakat, bangsa dan negara.

Sumber Daya Manusia unggul adalah SDM yang mampu memahami sekaligus melaksanakan tugas secara tuntas dan berkualitas yang berpedoman pada visi dan misi organisasi. 

Dengan adanya SDM yang unggul diharapkan mampu mengatasi Ambiguitas (ketidakjelasan) dengan Agilitas (berubah dengan cepat) serta memiliki ketangkasan dan kecerdasan dalam menjalankan tugas pekerjaannya. 

Untuk mewujudkan SDM ungggul pada rekrutmen anggota Polri maka harus didukung dengan sarana dan prasarana (peralatan) yang memadai.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa setiap tahun institusi Polri melaksanakan rekrutmen calon anggota Polri. 

Penerimaan atau pendaftaran calon anggota Polri tersebut dilakukan secara online dengan menggunakan website resmi Polri. 

Kemudian untuk pelaksanaan tes rikes, psikologi, akademik, jasmani dan lainnya sudah didukung dengan menggunakan peralatan yang canggih.

Setiap tahun Kepolisian Negara Republik Indonesia melaksanakan rekrutmen anggota Polri. 

Penerimaan atau pendaftaran anggota Polri tersebut dilakukan secara online yang menggunakan website Polri. 

Kemudian untuk pelaksanaan tes rikkes, psikologi, akademik, jasmani dan lainnya sudah didukung dengan menggunakan peralatan yang canggih.

Untuk mengetahui lebih lanjut terhadap kehandalan website dan kualitas peralatan sebagai alat bantu yang digunakan Polri dalam proses rekrutmen seleksi tersebut, maka Puslitbang Polri sesuai dengan tupoksinya memandang perlu untuk melakukan penelitian tentang “Evaluasi Website dan Peralatan yang Digunakan pada Rekrutmen Anggota Polri dalam rangka Mewujudkan SDM Polri yang Unggul” ini dengan tujuan :

1. Evaluasi Website dan Peralatan yang Digunakan pada Rekrutmen Anggota Polri dalam rangka Mewujudkan SDM Polri yang Unggul.

2. Mengidentifikasi dan menganalisis kualitas peralatan yang digunakan pada proses rekrutmen anggota Polri.

Kegiatan penelitian ini akan dilaksanakan di 11 (sebelas) Polda sampel salah satunya adalah Polda Sumut dan Polres jajaran, yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 September s.d 3 Oktober 2024.

Adapun pendekatan yang dilakukan melalui kuantitatif dan kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner secara online, wawancara mendalam kepada pejabat dan anggota Polri dan pengecekan/observasi website maupun peralatan yang ada di Satker atau unit Polda/Polres yang menjadi sampel penelitian.

Adapun nama Tim peneliti yang melaksanakan penelitian di Polda Sumut terdiri dari: Kombes Pol Harvin Raslin,S.H. (Ketua Tim), AKBP Rusdi,A.Md (Anggota) dan Bripka Maradon (Anggota) serta didampingi Konsultan dari BRIN Penata Taufiq Iqbal Ramdhani M.Sc.

0 komentar:

Posting Komentar