Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 02 Oktober 2024

Sasaran Diresmikannya Bengkel Sehat Mandiri Oleh Pemkot Surabaya


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM Bengkel Sehat Mandiri (BSM) merupakan layanan inovasi dari Pemkot Surabaya yang mengupayakan kemandirian individu melalui fasilitasi rehabilitasi psikiatri atau psikososial. 

BSM yang berada di eks SDN Menur Pumpungan, Jalan Menur Pumpungan No 28 Surabaya tidak hanya berfokus pada penyakit tetapi pada kemampuan yang dimiliki masing-masing penyandang disabilitas mental.

“Rehabilitasi psikososial ini memiliki peranan dalam pemulihan bagi penyandang disabilitas mental, yaitu melalui dukungan pelatihan keterampilan untuk memfasilitasi pemulihan secara fungsional,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Nanik Sukristina, Selasa (2/10).

Sasarannya menurut Nanik adalah penyandang disabilitas mental dari keluarga miskin (gamis). 

Mereka juga memperoleh pengobatan secara berkelanjutan dan dalam kondisi stabil. Harapannya mampu hidup mandiri tanpa tergantung pada orang lain.

“Jumlah sasaran sampai dengan Agustus 2024, ada 249 orang, dengan 121 diantaranya sudah mengikuti asesmen untuk menentukan minat dan bakat. Dari 121 ini, 96 orang sudah mengikuti pelatihan,” ujar dia.

BMS juga menyediakan sejumlah terapi okupasi, seperti memasak, menyablon, membatik, dan menjahit. 

Selain itu, juga terdapat layanan lainnya, berupa terapi berkelompok, musik, dan relaksasi yang akan dipandu dan didampingi oleh psikolog klinis.

“BSM mendapat dukungan penuh dari Baznas Surabaya dan swasta. Juga didukung dan dibantu oleh Kemensos RI melalui Setra Terpadu Prof Dr Soeharso Surakarta, dalam bentuk pemberian paket peralatan dan perlengkapan memasak, menyablon, membatik, serta menjahit, pada 15 Agustus 2024 kemarin,” pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar