Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 11 Maret 2015

Kodim 0507/Bekasi Siap Hadang Begal

KABARPROGRESIF.COM : (Bekasi) TNI Angkatan Darat (AD) mengerahkan pasukan untuk mencegah aksi begal yang marak belakangan ini. Pada wilayah Dandim 0507 Kota Bekasi, sebanyak satu pleton yang terdiri dari 20-30 orang dikerahkan mencegah aksi begal dengan mendata penghuni kontrakan berikut sepeda motor yang digunakan.

"Selain wilayah Dandim, masing-masing Koramil juga mengerahkan pasukannya melakukan usaha pencegahan di seluruh kecamatan," Tegas Dandim 0507 Bekasi Letnan Kolonel (inf) Yuda Rismansyah. Selasa 10 Maret 2015.

Selain mengerahkan pasukan, Dandim 0507 juga merekrut intelijen masyarakat untuk membantu
TNI di lapangan. Intelijen masyarakat adalah mereka yang paham wilayah, serta memahami situas masyarakat di sekitar tempat tinggalnya.

Sasaran operasi adalah warga pendatang yang mencurigakan. Pasukan melakukan pendataan identitas, dan sepeda motor yang digunakan. "Para begal itu melakukan aksinya menggunakan sepeda motor hasil rampasan, jika ada warga yang bergonta-ganti sepeda motor dalam waktu singkat harus diawasi dengan cara didata," Terangnya.

TNI di wilayah Kota Bekasi juga telah melakukan pemetaan terhadap wilayah rawan begal, yakni wilayah-wilayah pinggiran yang berbatasan dengan Bogor, Depok, dan Jakarta. Seperti kecamatan Bantargebang, Jatiasih, dan Cibubur.

Sampai saat ini, TNI belum pernah melakukan penyergapan langsung terhadap pelaku begal. "Namun jika pada keadaan tertentu diperlukan menangkap pelaku akan kami lakukan, setelah itu kami serahkan kepada Kepolisian," Ujar Dandim 0507/Bekasi.

Letkol Yuda menjelaskan, intelijen TNI AD terus bergerak secara bergantian di semua wilayah. Setiap Sabtu dan Minggu, pasukan melakukan razia kendaraan bersama Kepolisian Metropolitan Bekasi Kota. "Kami juga aktif menggelar patroli mandiri pada malam hari," Terang Dandim. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar