Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Kamis, 12 Maret 2015

SATGAS AMBALAT XIX TERIMA PEMBEKALAN KEPALA STAF GUSPURLATIM

KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Menjelang keberangkatan ke daerah penugasan, prajurit Korps Marinir TNI AL yang tergabung dalam Satgas Ambalat XIX menerima pembekalan dari Kepala Staf Gugus Tempur Laut Wilayah Timur (Guspurlatim) di Gedung Amir Hamzah Balai Prajurit Yonif-1 Marinir Jl. Teluk Bayur 62 Tanjung Perak, Surabaya, Selasa (10/3/2015).

Pembekalan yang disampaikan Kepala Staf Guspurlatim Kolonel Laut (P) Iwan Isnurwanto, SH.,MAP.,M.Tr (Han) tersebut juga dihadiri Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir Y.Rudy Sulistyanto, Asops Danpasmar-1 Kolonel Marinir I Made Sukada, Wadan Brigif-1 Mar Letkol Mar Amir Kasman, Pasintel Brigif-1 Mar Mayor Marinir M.Amin, S.Pd.,M.A.P, Pasops Letkol Mar Teddy Yulianda Bakri, Danyonif-1 Mar Letkol Mar Edi Prayitno, Wadan Yonif-1 Mar Mayor Marinir Kartika Wijaya dan Pasi Ops Mayor Marinir Widarta Kusuma.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan tentang perkembangan situasi daerah Ambalat dan kerawanan di daerah perbatasan Indonesia – Malaysia, selain itu juga disampaikan tentang operasi-operasi dibawah Guspurlatim.

“Satgas Marinir Ambalat XIX merupakan bagian dari salah satu operasi yang dilaksanakan Guspurlatim yaitu Operasi Perisai Sakti-15,” tegasnya.

Tugas dari Satgasmar Ambalat XIX, lanjutnya, menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah Indonesia, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, TNI AL khususnya Korps Marinir berkewajiban untukj menangkal dan menindak setiap bentuk ancaman di daerah perbatasan Indonesia – Malaysia baik di darat, laut maupun udara.Sebelum mengakhiri pembekalannya, orang nomor dua di Guspurlatim tersebut menyampaikan beberapa penekanan diantaranya selalu melaksanakan koordinasi dengan instansi/aparat di daerah penugasan, memperhatikan faktor keamanan baik personel maupun material, mengadakan pendekatan dengan tokoh masyarakat, pemuda maupun tokoh agama untuk mendapatkan dukungan atas keberadaan Satgas Marinir dalam rangka mengamankan kedaulatan NKRI, menghindari perilaku yang dapat merugikan masyarakat serta nama baik TNI AL dan Korps Marinir, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu selalu menjaga kondisi fisik dan mental prajurit.

Korps Marinir TNI AL menyiapkan 130 prajuritnya untuk melaksanakan penugasan di Ambalat (Satgas Ambalat XIX) dengan Komandan Satgas Kapten Marinir Iskandar Muda Tanjung, akan menggantikan Satgas Ambalat XVIII yang saat ini masih di daerah penugasan. Didaerah penugasan nanti, Satgas Ambalat XIX akan menempati beberapa pos yang berada di pulau Nunukan dan Sebatik, Kalimantan Utara, antara lain Pos Nunukan, Pos Balansiku, Pos Bambangan, Pos Tembaring, Pos Sei Taiwan, Pos Sei Pancang dan Pos Sei Bajau. (arf)

0 komentar:

Posting Komentar