Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Rabu, 18 Maret 2015

Uji Kompetensi Jasmani Korem 084/BJ

KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Tim Jasmani Korem 084/BJ menggelar tes kesegaran jasmani (uji kompetensi jasmani) dalam rangka memenuhi persyaratan dalam proses kenaikan pangkat prajurit TNI AD periode 1-10-2015 di lapangan Makorem 084/BJ, Rabu (18/3). Uji kompentensi jasmani yang  akan berlangsung selama dua hari, diikuti oleh 106 orang prajurit jajaran Korem 084/ BJ.

Adapun materi uji kompetensi jasmani ini meliputi Lari selama 12 menit, Pull Up, Sit Up, Push Up, Shuttle Run dan Renang. Kegiatan uji kompetensi jasmani bagi para prajurit yang akan naik pangkat satu tingkat lebih tinggi adalah merupakan salah satu syarat keharusan dari pentahapan proses administrasi kenaikan pangkat. Bagi yang lulus uji jasmani di tingkat Korem 084/BJ, akan dilanjutkan tahap berikutnya yaitu mengikuti uji jasmani tingkat Kodam V/Brw.

Dalam pengarahannya Kepala Jasmani (Kajas) Korem 084/BJ Kapten Arh Agus Budiono menyampaikan peringatan kepada seluruh peserta uji jasmani agar senantiasa mengikuti setiap petunjuk dan arahan tim penguji. Kajas juga mengingatkan setiap peserta untuk menjaga keamanan dan kondisi kesehatan masing-masing, karena yang tahu kondisi kesehatan adalah masing-masing yang bersangkutan. Sebelum melaksanakan uji jasmani, tim kesehatan dari Denkesyah 05.04.04 Surabaya akan mengecek kondisi kesehatan awal dengan mengambil hasil pemeriksaan Tekanan Darah setiap peserta, kemudian akan menanyakan apakah calon ada yang sakit? Jika dalam pemeriksaan awal, peserta ada yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, maka yang bersangkutan tidak akan diijin mengikuti uji jasmani. Selanjutnya Kajas juga berpesan kepada setiap peserta, jika merasa pusing pada saat lari, segera berhenti dilanjutkan berjalan, jika berjalan tidak kuat lagi maka diperintah untuk duduk, nanti ada tim kesehatan yang akan menolong dan mengevakuasi yang bersangkutan.

Lebih jauh Kajas berpesan kepada seluruh peserta bahwa kemampuan fisik bukanlah suatu bawaan sejak lahir, tetapi kemampuan fisik ini bisa dilatih dan dibina secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Apabila peserta benar-benar berniat untuk untuk naik pangkat, maka seharusnya pembinaan fisik harus dipersiapkan sejak awal. Karena hanya dengan latihan yang rutin, bertahap dan sungguh-sungguhlah, akan mendapat menghasilkan hasil yang maksimal.

Hadir dalam uji kompetensi jasmani, Kasipers, Kajas, tim kesehatan Denkesyah 05.04.04 Surabaya, tim pengamanan Tim Intel dan Provost Korem 084/BJ, uji jasmani berjalan aman, tertib dan lancar. (arf).

0 komentar:

Posting Komentar