Pages - Menu

Pages - Menu

Kamis, 12 Mei 2016

Komandan Lantamal V Hadiri Peringatan Puncak Hardikal ke-70



KABARPROGRESIF.COM : (Surabaya) Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.AP. menghadiri acara puncak peringatan Hari Pendidikan TNI AL (Hardikal) ke-70 yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P di Lapangan Laut Maluku, Kobangdikal, Bumimoro, Surabaya, Kamis (12/5).

Peringatan Hardikal ke-70 yang diikuti enam batalyon upacara atau sedikitnya melibatkan 1.620 personel ini mengusung tema “Lembaga Pendidikan TNI Angkatan Laut siap membentuk prajurit profesional yang berkarakter guna mewujudkan TNI Angkatan Laut yang handal dan di segani serta berkelas dunia”.

Tampak hadir Gubernur Jawa Timur, para mantan Komandan Kobangdikal, mantan Gubernur AAL, mantan Danseskoal, para Asisten Kasal, Dankobangdikal, Pangarmabar, Pangarmatim, Gubernur AAL, Danseskoal, Pangkolinlamil, Dankormar, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim serta para undangan sipil lainnya pada peringatan Hardikal ke-70 tersebut.

Menurut Kasal, dalam kurun waktu 70 tahun ini, Wajah pendidikan TNI AL telah menunjukan banyak perubahan dalam mencetak prajurit matra Laut yang memiliki moral luhur, profesional dan berani. Dalam meningkatkan kualitas anak didik, TNI AL kini telah memiliki empat komando utama (Kotama) fungsional pendidikan, yaitu tiga berlokasi di Bumimoro Surabaya dan satu kotama berlokasi di cipulir, Jakarta.

Ketiga kotama di Bumimoro tersebut  antara lain Komando Pengembangan dan Pendidikan TNI AL (Kobangdikal), Akademi  Angkatan Laut (AAL), dan sekolah Tinggi Tehnologi Angkatan Laut  (STTAL) sedangkan satu kotama di cipulir Jakarta yaitu Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Seskoal).

Lembaga Pendidikan TNI AL lanjut Ade –sapaan akrab Kasal- terus berbenah dengan melakukan pengembangan dan modernisasi sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman dalam menghasilkan SDM prajurit yang berkualitas dan siap pakai.

"Tantangan TNI AL ke depan semakin berat dan komplek sehingga lembaga pendidikan sebagai kawah candradimuka harus mampu meningkatkan kualitas dan profesionalisme untuk menghasilkan SDM yang bisa mendukung tugas pokok TNI AL," kata Kasal.

Bulan Mei sebagai bulannya pendidikan, selain Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang di peringati setiap tanggal 12 Mei bagi TNI AL, bulan Mei ini pun dijadikan  sebagai tonggak kebangkitan pendidikan Mantra Laut yang mengambil filosofis kelahiran sekolah Angkatan Laut (SAL) di kota Tegal 70 tahun silam.

SAL yang di buka Presiden RI Pertama Ir.Soekarno dan Moch. Hatta tersebut, dihadiri oleh Panglima Sudirman, para Menteri , Panglima ALRI Laksamana Muda Moch. Nasir  dan pejabat teras Mabes ALRI lainnya, SAL untuk pertama kalinya di komandani Laksamana III Adam.

SAL berdiri pada 12 Mei 1946 yang dijadikan cikal bakal berdirinya lembaga pendidikan di TNI AL ini, namun resminya setiap tanggal 12 Mei sebagai Hari Pendidikan Angkatan Laut (Hardikal), baru digelar setelah dikeluarnya keputusan Kasal No 729/IV/1977 tanggal 21 April 1977. (arf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar