Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 13 Agustus 2024

Di Depan Kepala Daerah Jokowi Bicara Bangun Tol 2.700 Km


Kaltim - KABARPROGRESIF.COM Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan pembangunan infrastruktur yang cukup signifikan selama 10 tahun masa kepemimpinannya. 

Hal itu disampaikan Jokowi dalam agenda pengarahan bersama kepala daerah seluruh Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu fokus Jokowi selama ini. Mulai dari tol, bandara, hingga bendungan.

"Jalan tol yang kita bangun 2.700 km, jalan nasional 6.000 km," kata Jokowi, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (13/8/2024).

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), total jalan tol yang telah terbangun dan beroperasi mencapai 2.839 km. 

Sedangkan untuk jumlah jalan tol yang dibangun selama 2 periode kepemimpinan Jokowi mencapai sekitar 2.050 km.

Selain jalan tol, Jokowi juga turut memamerkan pembangunan bandara, bendungan, hingga irigasi. 

Untuk bandara sendiri, setidaknya telah terbangun 25 bandara baru.

"Bandara ada 25 bandara baru, bendungan ada 43 yang diresmikan dan segera selesai 59, irigasi 1,1 juta hektare," ujarnya.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan per Mei 2024, ada 27 bandara baru yang dibangun selama periode Jokowi

Selain itu Jokowi mengimbau para kepala daerah memperhatikan infrastruktur di daerahnya, baik dari sisi arsitektur maupun estetikanya. 

Misalnya saja seperti di IKN, direncanakan akan dibangun setidaknya 60 embung.

"Sebuah kota itu mestinya ada danau kecil atau embung itu akan, selain berikan estetika, keindahan, itu juga menurunkan suhu di sebuah kota. Di sini nanti akan dibangun 60 embung seperti tadi, saya menawar Pak Menteri PU (Basuki Hadimlljono) kalau bisa 2-3 kali lipat (lebih banyak) lebih baik," tuturnya.

Menurutnya, pembangunan embung atau danau kecil di daerah memungkinkan dilakukan apabila APBD dioptimalkan dan direncanakan secara baik. 

Jokowi juga meminta agar para kepala daerah memanfaatkan potensi daerahnya dengan baik, khususnya daerah-daerah pesisir.

"Semua kota yang dekat laut, saya titip saja, jangan ada yang belakangi laut. Laut itu harus jadi halaman kita bukan di belakang rumah. Banyak sekali di kita itu tempat indah tapi ditaruh di belakang rumah, belakang," tutur Jokowi

0 komentar:

Posting Komentar