Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Senin, 12 Agustus 2024

KPK Akan Minta Pengganti 10 Jaksa yang Ditarik Kejagung


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Kejaksaan Agung (Kejagung) menarik 10 jaksa senior yang bertugas di KPK kembali ke institusi asal. 

KPK akan meminta Kejagung mengirimkan calon jaksa baru untuk menggantikan 10 jaksa yang kembali ke Kejagung.

"Karena KPK ini sudah menganut sistem perekrutan secara ASN. Tentunya KPK akan meminta pada Kejaksaan untuk bisa mengirimkan calon-calon jaksa baru, untuk dilakukan seleksi untuk menjadi jaksa penuntut umum di KPK," kata Jubir KPK Tessa Mahardhika kepada wartawan di gedung KPK, Jakarta, Senin (12/8/2024).

Tessa mengatakan 10 jaksa itu akan mulai aktif bertugas di Kejaksaan pada 1 September mendatang. 

Menurutnya, pergantian 10 jaksa tersebut akan melalui proses, tidak serta-merta ada jaksa dikembalikan dan langsung masuk jaksa baru.

"Informasi yang kami dapatkan sementara ini, betul (1 September)," ucapnya.

Terkait 10 jaksa yang kembali ke Kejagung, Tessa menyebutkan untuk sekarang semuanya masih menjabat di tugasnya masing-masing. Nanti para jaksa yang mengisi jabatan struktural akan diisi oleh Plt.

"Sampai dengan saat ini nama-nama sebagaimana yang sudah beredar, dan sudah dikonfirmasi oleh Kapuspenkum (Kejagung), semuanya masih menjabat di tempat tugasnya yang masing-masing," ujar Tessa.

"Tentunya akan ada waktunya ya, untuk melakukan proses seleksi itu. Tidak beserta-merta nanti jaksa baru mungkin 10 keluar, 10 masuk nggak seperti itu," tambahnya.

Sebelumnya, Kejagung menarik 10 jaksa seniornya yang bertugas di KPK kembali ke institusi asal. 

Jaksa yang dipulangkan tersebut dari Ali Fikri hingga Ahmad Burhanudin.

"Ada Ahmad Burhanudin, Ali Fikri, dan Andhi Kurniawan," kata Kapuspenkum Kejagung Harli Siregar saat dihubungi, Senin (12/8).

Ali Fikri merupakan salah satu jaksa senior di KPK yang menjabat Kabag Pemberitaan KPK. Dia telah bertugas di KPK lebih dari 10 tahun. Namanya makin dikenal publik saat menjabat Plt Juru Bicara KPK sejak 2020.

Adapun dua jaksa lainnya yang mengisi jabatan struktural di KPK yang ikut dipulangkan Kejagung adalah Kabiro Hukum KPK Ahmad Burhanudin serta Kepala Bagian Perancangan Peraturan dan Produk Hukum KPK Andhi Kurniawan.

Sementara tujuh jaksa lainnya, kata Harli, merupakan jaksa fungsional di lembaga antirasuah. 

Mereka adalah Andry Prihandono, Ariawan Agustiartono, Arif Suhermanto, Atty Novianty, Arin Karniasari, Putra Iskandar, dan Titik Utami.

Harli pernah mengatakan Kejagung juga segera mengirimkan jaksa baru untuk bertugas di KPK. 

Namun dia belum menginformasikan lebih lanjut perihal pengganti jaksa-jaksa senior yang telah dipulangkan ke Kejagung.

0 komentar:

Posting Komentar