Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 27 Oktober 2024

Gandeng Basarnas, Satuan Udara Koarmada II Gelar Latihan SAR


Surabaya - KABARPROGRESIF.COM SAR merupakan segala usaha untuk mencari, menolong, menyelamatkan dan mengevakuasi manusia yang menghadapi keadaan darurat dan atau bahaya dalam kecelakaan, bencana, atau kondisi yang membahayakan manusia.

Demikian yang disampaikan Komandan Satuan Udara (Dansatud) Koarmada II Kolonel Laut (P) Triwibowo, saat membuka Latihan Search and Rescue (SAR) yang dilaksanakan oleh Satuan Udara Koarmada II, bertempat di Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Koarmada II Ujung Surabaya, Jumat (25/10).

Kegiatan ini penting untuk mempersiapkan para prajurit dalam penanganan situasi darurat dan penyelamatan. 

Dalam latihan yang dilaksanakan sejak tanggal 25 hingga 31 Oktober 2024 ini, para peserta dibimbing serta dilatih oleh instruktur berpengalaman dari Basarnas (Badan SAR Nasional) Bapak Johan Saptadi. 

Pada hari pertama para peserta mendapatkan materi penjelasan tentang apa saja yang berhubungan dengan Basarnas/SAR diantaranya pengenalan sturktur organisasi, Alat Pendukung Operasi SAR, Alat SAR Perairan, Alat SAR Udara, Alat SAR Darat dan peralatan SAR lainnya.

Johan menjelaskan bahwa Lembaga Pemerintah Non Kementrian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang pencarian dan pertolongan adalah BNPP / BASARNAS. 

Sedangkan penyelenggaraan operasi SAR dilakukan terhadap kecelakaan kapal dan pesawat udara, kecelakaan dengan penanganan khusus, bencana pada tahap tanggap darurat, dan  kondisi yang membahayakan manusia.

"Saya berharap melalui latihan ini para prajurit dapat meningkatkan profesionalitas, kemampuan, memahami dan siap siaga dalam mengantisipasi kemungkinan bencana alam yang terjadi. Sehingga tercipta kerjasama tim dalam hal kemampuan teknis dan taktis di setiap seksi dan bidang. Dengan demikian dapat mewujudkan operasi SAR yang efektif, efisien dan terarah yang dapat meningkatkan keberhasilan dalam suatu operasi SAR, "terang Dansatud Koarmada II usai pelatihan hari pertama.

"Pelatihan SAR Satuan Udara Koarmada II juga dengan perintah Pangkoarmada II Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo kepada seluruh satuan jajaran Koarmada II, yakni memberikan pembinaan kepada setiap prajuritnya guna mengasah dan meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh setiap prajurit di bidang tugas masing-masing," tandas Kolonel Tri Wibowo.

0 komentar:

Posting Komentar