Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 22 Oktober 2024

Gratifikasi Rita, Dirjen Anggaran Kemenkeu Isa Dipanggil KPK


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Isa Rachmatarwarta (IR), hari ini, 22 Oktober 2024. Isa bakal dimintai keterangan soal dugaan gratifikasi mantan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari.

“Pemeriksaan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK atas nama IR,” kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto melalui keterangan tertulis, Selasa, 22 Oktober 2024.

Isa sejatinya dipanggil KPK pada Senin, 21 Oktober 2024. Namun, dia berhalangan hadir dan meminta diperiksa penyidik hari ini.

“(Permintaan keterangan) pukul 10.00 WIB,” ujar Tessa.

Tessa belum bisa memerinci informasi yang mau diulik penyidik dari pejabat di Kemenkeu itu. 

Selain penerimaan gratifikasi, Rita juga terseret dugaan pencucian uang.

Dalam kasus ini, KPK sudah menyita 104 kendaraan. Rinciannya yakni 72 mobil dan 32 motor. Semua diyakini berkaitan dengan pencucian uang Rita.

KPK turut menyita tanah dan bangunan milik Rita yang tersebar di enam lokasi. Lalu, ada juga uang Rp6,7 miliar dan mata uang asing USD senilai Rp2 miliar yang diambil sementara oleh penyidik.

KPK sangat meyakini adanya penerimaan gratifikasi dan pencucian uang yang dilakukan Rita selama menjabat. Ratusan dokumen dan bukti elektronik menguatkan tuduhan itu.

0 komentar:

Posting Komentar