Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Jumat, 18 Oktober 2024

Polres Bengkayang Terima Piagam Penghargaan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Atas Keberhasilan Penindakan Rokok Ilegal


Bengkayang - KABARPROGRESIF.COM Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai atas dukungannya dalam penindakan rokok ilegal. Penghargaan prestasi kategori “Amat Baik” tersebut diserahkan melalui Keputusan Direktur Penindakan dan Penyidikan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai nomor KEP-11/BC.10/2024.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas peran aktif Polres Bengkayang yang telah mendukung berbagai operasi penegakan hukum yang dilakukan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Jagoi Babang. Salah satu pencapaian penting yang menjadi dasar penghargaan ini adalah keberhasilan Polres Bengkayang bersama Bea Cukai dalam mengamankan 128.200 batang rokok ilegal, yang berpotensi merugikan keuangan negara.

Menurut Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Jagoi Babang, Piasdo Muaranuli, wilayah Bengkayang dan Landak yang berada di bawah pengawasannya merupakan area yang rawan terhadap peredaran barang-barang ilegal, terutama karena posisi strategisnya yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

“Di tengah risiko resistensi dan ancaman fisik yang sering kali dihadapi petugas Bea Cukai, kehadiran dan dukungan Polres Bengkayang sangat membantu memastikan kelancaran operasi dan keamanan personel,” kata Piasdo Muaranuli saat memberikan penghargaan di ruang kerja Kapolres Bengkayang, Kamis (17/10/24).

Piasdo menambahkan bahwa keberhasilan operasi tersebut tidak terlepas dari sinergi kuat dengan aparat penegak hukum setempat, termasuk jajaran Polres Bengkayang.

“Kami sangat menghargai kontribusi Polres Bengkayang dalam operasi-operasi kami, terutama dalam mencegah masuknya barang-barang ilegal yang berpotensi merugikan negara. Dukungan Polres sangat krusial dalam menciptakan rasa aman dan menegakkan hukum di lapangan,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Bengkayang, AKBP Teguh Nugroho, S.H., S.I.K., M.I.K., yang menerima langsung piagam penghargaan, menyatakan bahwa kerja sama antara Polres Bengkayang dan Bea Cukai sudah berjalan dengan baik selama ini, dan tentunya penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus memperkuat kolaborasi dalam menjaga keamanan wilayah.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Ini adalah bentuk apresiasi atas kerja keras seluruh personel kami. Kami akan terus berkomitmen untuk bekerja sama dengan Bea Cukai dan semua instansi terkait dalam menjaga keamanan perbatasan dan memberantas peredaran barang-barang ilegal di wilayah hukum kami,” pungkas Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres menambahkan bahwa upaya penegakan hukum terkait pemberantasan rokok ilegal dan barang selundupan lainnya di Bengkayang merupakan bagian dari tanggung jawab Polri dalam menjaga ketertiban dan keamanan wilayah.

“Kami tidak hanya bekerja untuk menindak pelanggaran, tetapi juga berusaha menciptakan lingkungan yang aman bagi masyarakat dan menjaga hak-hak keuangan negara,” tegasnya.

Dengan adanya penghargaan ini, Polres Bengkayang dan KPPBC Jagoi Babang diharapkan dapat terus membangun sinergi yang lebih kuat dalam penegakan hukum dan pengamanan wilayah perbatasan, sehingga potensi ancaman berupa peredaran barang-barang ilegal dapat diminimalisir secara berkelanjutan, serta memberikan rasa aman dan keadilan bagi seluruh masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar