Terus Kobarkan Semangat Perjuangan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 untuk memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Minggu, 27 Oktober 2024

Polri Ajak Mahasiswa Terlibat dalam Pemberantasan Korupsi


Jakarta - KABARPROGRESIF.COM Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Mabes Polri mengajak mahasiswa terlihat dalam pemberantasan korupsi. 

Hal itu dilakukan dengan kegiatan sosialisasi antikorupsi kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu Sulawesi Tengah dengan tema Membangun Karakter Antikorupsi di Kalangan Mahasiswa.

Pembicara dalam kegiatan yang dilakukan pada Jumat, 25 Oktober 2024 itu ialah Ketua PP Muhammadiyah Busyro Muqqodas yang merupakan mantan Ketua KPK. 

Kemudian, Anggota Satgassus Pencegahan Korupsi Mabes Polri Yudi Purnomo Harahap.

"Bahwa saat ini pemerintah dan penegak hukum sedang berusaha melawan korupsi yang merajalela di Indonesia. Sehingga, membutuhkan peran kampus, sivitas akademika, dan mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam pemberantasan korupsi," kata Yudi dalam keterangan tertulis, Minggu, 27 Oktober 2024.

Mantan Penyidik KPK ini menjelaskan bahwa ada dua peran penting mahasiswa di Tanah Air. Pertama, sebagai agent of change yang mengawasi pelaksanaan pembangunan dan anggaran pusat maupun daerah. 

Kedua, mempunyai karakter yang jujur sebagai nilai antikorupsi yang berguna bagi masa depan bangsa.

"Negara ini tidak kekurangan orang pintar, namun kekurangan orang jujur. Sehingga, mahasiswa yang nanti akan menjadi pilar Indonesia emas 2045 tentu harus meningkatkan kualitas dan karakter integritas agar mampu memajukan negeri ini di segala bidang," ujar mantan Ketua Wadah Pegawai KPK itu.

Yudi memandang kegiatan sosialisasi antikorupsi ke mahasiswa ini selaras dengan Pidato Presiden Prabowo Subianto dalam pelantikan di Gedung DPR/MPR pada Minggu, 20 Oktober 2024. 

Bahwa perlu adanya keterlibatan mahasiswa dan cendikiawan dalam upaya memberantas korupsi.

"Sehingga, Polri salah satunya mengimplementasikan hal tersebut dengan kegiatan ini," ungkap ASN Polri itu.

Dalam kegiatan sosialisasi antikorupsi kepada mahasiswa ini hadir juga Rektor Universitas Muhammadiyah Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM dan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Tengah Muhammad Amin Parakkasi.

0 komentar:

Posting Komentar